Notification

×

Index Bursa

Kode Iklan Disini

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bursa Mobile

Kode Iklan Disini

Kenapa Rute Ini Dijuluki Sebagai Bukit Gopardan?

Sabtu, 21 Mei 2022 | Mei 21, 2022 WIB Last Updated 2022-05-24T06:29:15Z

Bogor, Jawa Barat - Jika pernah berkunjung ke daerah ini, Bukit Tapos 'Gopardan' namanya. Sebuah kawasan terkenal dijuluki oleh para pelancong yang melewati bukit ini.

Sebuah kawasan yang terletak di Tapos, Desa Cibinong, Gn. Sindur, Bogor dan bersebelahan dengan Desa Cidokom. Serta jarak tempuhnya yang tidak jauh dari tiga Kecamatan; yaitu Kecamatan Gunung Sindur,  Parung, dan Ciseeng.

       Doc. Foto : Istimewa               

Untuk mengaksesnya, jalan menuju kawasan ini sudah lumayan bagus. Terbelah oleh jalan beton dan aspal yang terbentang di Kp. Tapos, Desa Cibinong. Oh ya, tak jauh dari Bukit Gopardan, juga terdapat sebuah tempat yaitu situs prasasti Batu Tapak yang terletak di Kp. Batu Tapak, Desa Cidokom dan perlu waktu kurang lebih 5 menit untuk sampai ke situs ini.

Tekstur tanah yang liat serta mulai banyak ditumbuhi oleh beberapa rumput-rumput liar nan lebat di sekelilingnya, membuat area ini terlihat seperti hamparan bukit yang menghijau.

       Doc. Foto : Istimewa              

Dahulu, awal mula terbentuknya kawasan bukit Gopardan ini merupakan sisa dari area gusuran proyek depelover perumahan yang masih belum tergarap. Dan pada waktu yang bersamaan juga digarap sebuah kawasan untuk  perumahan, yaitu sekarang dikenal dengan Bukit Serpong Indah (BSI) atau masyarakat pribumi menyebutnya, kawasan 'Burung Onta' yang memang menurut cerita tempat tersebut dahulunya adalah tempat penangkaran atau ternak Burung Unta, tak jauh dari kawasan Bukit Gopardan.

       Doc. Foto : Istimewa     

Di sebelah timur dan selatan kawasan Bukit Gopardan, juga mulai terlihat progres pembangunan perumahan Nirwana Hills yang belum lama ini digarap oleh developer.

Banyaknya para pelancong yang berkunjung atau sekadar melewati  kawasan Bukit Gopardan, baik itu dari dalam dan luar daerah, biasanya menghabiskan waktu di pagi dan sore hari untuk jogging maupun bersepeda. Selain itu, jalur perbukitan ini pun sering dilakukan untuk mereka yang melampiaskan hobinya seperti, jadikan sebagai jalur track motor Trail hingga jalur lintas Off-road.

Di sisi lain. Selain wujudnya sebagai perbukitan nan elok, Bukit Gopardan juga banyak dimanfaatkan sebagai spot fotografi. Biasanya untuk keperluan foto pre-wedding. Banyak dari mereka, calon pengantin yang memanfaatkan kawasan ini dikarenakan keunikanya. Serta bisa dibilang kawasan Low-budget untuk fotografi, namun tetap mendapatkan spot fotogenic yang tak kalah kerennya di luar ekspektasi.

Source : Google Maps
Lalu kenapa, kawasan ini kemudian dijuluki sebagai Bukit Gopardan?.


Doc. Foto : Istimewa    

Menurut warga setempat, M. Komarudin (24), beliau memaparkan bahwa dahulu itu sekitar tahun 2015, salah satu televisi swasta (ANTV). Di serial TV tersebut yaitu menyangkan program acara Krisna, di mana menampilkan footage sebuah bukit bernama 'Gowardhana' atau 'Govardhan', dekat kota Vrindavan, India.

Sedangkan orang-orang sekitar sering berkunjung ke kawasan ini, yang juga sering menonton Krisna dari program acara televisi tersebut, hingga menjuluki kawasan ini sebagai 'Bukit Gopardan'. Dan akhirnya semua orang juga terbiasa menjuluki kawasan ini sebagai 'Bukit Gopardan' yang telah beredar dari mulut ke mulut. (20/05/22)

Terakhir, apakah tempat ini pernah menjadi rute menarik perjalanan Anda?.
Share, jika Artikel ini bermanfaat dan menarik bagi anda!. Serta jangan lupa untuk melihat referensi wisata menarik di situs blog Jurnal Wisata. Salam sosial, tapakjurnal.

Website Instan
×
Berita & Artikel Perbarui
               
         
close