Notification

×

Kode Iklan Disini

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bursa Mobile

Website Instan

H-2 IdulFitri, Kelangkaan Distribusi Daun Pandan Wangi. Pedagang Kembang : Jangan Heran, Menjelang Lebaran !

Kamis, 20 April 2023 | April 20, 2023 WIB Last Updated 2023-04-20T12:19:46Z


Tapakjurnal.com Bogor (20/04/2023), Daun pandan wangi menjadi kebutuhan prioritas utama bagi para pedagang Kembang tabur menjelang lebaran,

Daun pandan wangi wajib menjadi campuran bunga tabur atau biasa disebut taburan rampai, atau cacahan daun pandan wangi yang dipotong kecil-kecil.

Banyak pedagang kembang memasok pandan wangi dari berbagai pihak pemasok. Ada yang menyetok jauh-jauh hari dari para broker, ada yang memborong langsung dari pemilik kebun, atau bahkan menanam sendiri di rumah.

Kebutuhan akan Daun pandan wangi kian meningkat menjelang event Ramadan dan IdulFitri, tingginya permintaan daun pandan menjelang hari H disinyalir menjadi momok tersendiri bagi para pedagang Kembang tabur. 

Pasalnya, banyaknya pedagang kembang tak seimbang dengan persediaan Daun pandan wangi yang sedikit.

Banyak faktor penyebab langkanya Daun pandan wangi, salah satu nya karena keterbatasan lahan dan kebun serta SDM yang sudah jarang mau mengelolanya.

Hal ini menjadi acuan bagi para pedagang kembang serta para broker berlomba-lomba mencari cara agar tak kehabisan stok Daun pandan wangi menjelang event.

Sebut saja Cucung (23), Salah satu pemborong Daun pandan wangi yang sejauh-jauh hari sudah mulai petualang mencari pasokan pandan wangi dari para pemilik kebun. 




Cucung biasa memasok pandan wangi dari pemilik kebun atau petani. Satu petak dapur kebun Pandan wangi biasa ia hargai Lima Puluh Ribu rupiah, tergantung kebijakan dari pemilik kebun.

"Lima Puluh Ribu, udah dapet satu kebun !," ujarnya. Rabu, (19/04/23)

Lain cerita dari Encop (55), salah seorang pedagang kembang musiman yang juga menyetok Daun pandan wangi. *Wanita paruh baya* ini biasa memasok pandan wangi dari broker karena kebutuhan bahan baku untuk campuran rampai dagangannya.



Kelangkaan distribusi Daun pandan dialami Encop (55) dan rekanannya sejak 2 tahun terakhir belakangan ini. Membuat para pedagang kembang seperti Encop (55) harus berlomba-lomba menyetok ketersediaan Daun pandan wangi menjelang H-2 IdulFitri yang tidak mengherankan lagi ketika menjelang lebaran.




"Kalo nggak jauh-jauh hari ya, minimal  seminggu udah nyetok pandan wangi, kemarin aja langka," 

"Jangan heran, kalo mao lebaran, jadi rebutan!," ungkap Encop kepada tapakjurnal (20/04/2023)

Tak sampai di situ, H+2 IdulFitri menjadi penghujung event tahunan, yang juga mendongkrak permintaan Daun pandan wangi bagi para pedagang bunga tabur di TPU untuk ziarah kubur.

tapakjurnal, Kamis (20/04/2023)

Website Instan
×
Berita & Artikel Perbarui
               
         
close