Notification

×

Kode Iklan Disini

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bursa Mobile

Website Instan

Kebanjiran Pesanan Ramadan dan Idul Fitri, Petani Bunga Pacar Air Panen Rezeki

Kamis, 11 April 2024 | April 11, 2024 WIB Last Updated 2024-04-11T16:42:09Z

Foto : Petani Bunga Pacar Air di momen IdulFitri 1445 Hijiriah 

Bogor, tapakjurnal.com (11/04/2024). Memasuki Momentum Hari Raya IdulFitri tentunya banyak sekali hal yang sayang untuk dilewatkan, terutama dari sudut ekonomi dan bisnis.


Melihat peluang tersebut salah satu petani Bunga Pacar, Saifullah (33), pemuda yang satu ini memaparkan tingginya permintaan pasokan Bunga Pacar atau dikenal Kembang Pihong.


Dok. tapakjurnal 

Tiap menjelang Ramadan atau momentum IdulFitri, permintaan akan Bunga pacar atau Kembang Pihong diklaim mengalami peningkatan.


Kembang Pihong biasa digunakan keperluan ritual keagamaan, pada momen lebaran, banyak sekali permintaan terutama di H-4 IdulFitri s/d H+4 IdulFitri.


Melihat peluang tersebut salah satu petani Bunga Pacar, Saifullah (33), pemuda yang satu ini memaparkan tingginya permintaan pasokan Bunga Pacar.


Saat sebelum dan sesudah IdulFitri saja, ia mengklaim banyak sekali permintaan Bunga Pihong terutama dari pedagang Kembang.


Para pedagang ini biasa memesan Bunga Pihong untuk dijual kembali di Tempat Pemakaman Umum (TPU).


Selain itu permintaan Bunga pacar juga banyak dari partai besar, biasanya untuk dioper ke pengepul.


"Kalo udah deket lebaran banyak yang minta, biasanya partai, sama tukang kembang," tutur Saifullah. Kamis, (11/04/2024).


Untuk satu kantong plastik besar, Bunga Pihong biasa ditarif berkisar 100 ribu tergantung permintaan.


Pra IdulFitri saja, Saifullah (33) bisa mengantongi ratusan ribu sampai jutaan rupiah sekali panen.


Saifullah menambahkan, sudah dua tahun terakhir ini sedikit sekali petani yang membudidayakan Bunga Pacar, di samping banyaknya pedagang Kembang musiman, akibatnya stok Bunga Pacar mengalami krisis pasokan.


Seperti yang juga dikeluhkan oleh Rizki (33), pedagang kembang musiman yang biasa berjualan di TPU Suliwer ini mengeluhkan banyaknya pemain baru yang ikut-ikutan.


"Banyak orang latah, yang ngga biasa dagang, malah ikutan dagang", keluhnya.


Pasca IdulFitri, Bunga Pihong biasa digunakan untuk keperluan Sekar makam Ziarah kubur, Bunga Pacar atau Pihong bisa dicampur dengan Rampai atau irisan daun pandan wangi.


tapakjurnal.com (11/04/2024)

Website Instan
×
Berita & Artikel Perbarui
               
         
close