Notification

×

Index Bursa

Kode Iklan Disini

IDCloudHost | SSD Cloud Hosting Indonesia

Bursa Mobile

Website Instan

Rekomendasi Tempat Study Tour untuk Jenjang SMK

Selasa, 12 Desember 2017 | Desember 12, 2017 WIB Last Updated 2022-03-21T05:58:22Z

https://tapakblogger.comDoc.Image Tapak Jurnal

Study tour atau kunjungan belajar ke suatu perusahaan maupun industri merupakan kegiatan pembelajaran diluar kelas (Outing Class). Biasanya Sekolah menyambangi tempat-tempat bersejarah untuk mode dan sarana pembelajaran bagi para Siswa Siswinya. Mulai jenjang TK ,SD, SMP dan jenjang SMA sederajat. 
Merujuk pada kategori pendidikan Menegah Atas sederajat yakni pendidikan Vokasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Yang memiliki ragam jurusan kompetensi didalamnya.
Berikut ini beberapa Rekomendasi tempat Study tour untuk Jenjang SMK sederajat :

  • Bisnis dan Management
Untuk jurusan Bisnis dan Management, spot wisata yang bisa dikuunjungi diantaranya yaitu pabrik produksi seperti Pabrik Teh Botol Sosro, PT Pocari sweat, Usaha Mikro (UMKM) dan tempat lain berupa perusahaan industri PT dan Pabrik, Gudang Lazada, dsb

  • Administrasi perkantoran
untuk Jurusan Perkantoran dapat berkunjung pusat bisnis dan pemerintahan antaralain : Kantor DPR-MPR Dijakarta, Museum Arsip Nasional, Kantor-kantor Kementerian, Kantor Pajak, Bursa Efek Indonesia serta yang berhubungan dengan Kantor lainnya.

  • Multimedia dan penyiaran
Mendengar kata multimedia pasti teringat dengan hal yang berbau konten media  dan informasi. yang pasti tidak jauh dari lembaga informasi pers dan media. rekomendasi untuk Jurusan Multimedia ini bisa mengunjungi tempat : Stasiun Televisi seperti NetTV, RCTI, TransMedia, Global TV, TVRI.  untuk Media Pers seperti Radar Bogor, dan  Kantor Berita Radio seperti Benz Radio, RDI dan tempat-tempat yang berhubungan dengan Multimedia.

  • Pariwisata dan Perhotelan
Sebenarnya Jurusan pariwisata dan perhotelan atau sejenisnya tak jauh berbeda dengan jurusan Taga Boga yang juga tidak lepas dari kepariwisataan dan penginapan. Tempat yang cocok untuk Jurusan ini bisa mengunjungi sebuah penginapan seperti hotel dan tempat tempat wisata daerah maupun nasional.

  • Farmasi
Tempat yang dapat dikunjungi untuk jurusan Farmasi antaralain : Pabrik Obat Kalbe Farma, Rumah Sakit, Apotek serta pabrik Obat-Obatan Tradisional. Selain itu Farmasi juga dapat mengunjungi tempat Lab Penelitian : BPPT Puspiptek Serpong.

  • Perbankan
Untuk Jurusan Prbankan tempat yang bisa dikunjungi anataralain : Museum Bank Indonesia, Kantor Bank Indonesia, Kantor Pajak, Kantor Pegadaian, Koperasi dan Lembaga sektor keuangan lainnya.

  • Pelayaran
Jurusan pelayaran ini tak lepas dari yang namanya Laut dan Kapal. untuk itu jurusan yang satu ini dapat berkunjung ke : Markas TNI AL, Pabrik pembuatan Kapal, Kementerian Kelautan dan Perikanan dsb.

  • Penerbangan
Banyak sekali media pembelajaran serta hal paling penting dibekali agar dapat diterapkan pada jurusan tingkat Vokasi salahsatunya Jurusan Penerbangan bisa mengunjungi : Bandara, Lapan, PT Dirgantara Indonesia, TNI AU, Perusahaan Maskapai serta lembaga lembaga terkait.

  • TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan)
TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan merupakan jurusan dengan keilmuan Komputerisasi dan Jaringan Komputer. Jurusan TKJ tak lepas dari Komputer dan Internet. Jurusan TKJ bisa berkunjung ke : 
Perusahaan provider seperti PT Telkom Indonesia, PT Indosat. Tbk, Telkomsel, XL Axiata. Selain itu TKJ dapat berkunjung ke perusahaan Hosting seperti : Master Web Network, Rumahweb, Rumahweb. Perusahaan Multinational seperti Google Indonesia dan Microsoft Indonesia.

  • TKR dan STM (sejenisnya)
TKR (Teknik Kendaraan Ringan) dan STM (Sekolah Teknik Mesin) ataupun sejenisnya yang memang tak lepas dari kegiatan perakitan dan bisa berkunjung ke : Pabrik Honda dan Astra (Karawang), serta Bengkel Resmi.

  • Kesenian (sejenisnya)
Untuk jurusan Seni terbilang banyak, karena seni pada dasarnya dapat dengan mudah ditemui. Jurusan Kesenian dapat mengunjungi : IKJ (Institute Kesenian Jakarta) atau sekarang disebut dengan gedung FFKI , Galery Seni, Museum Batik, Industri Batik Pekalongan, Stasiun TV, Museum Wayang, Pertunjukan Theater Daerah dsb.

  • Tata Boga
Tata Boga, jurusan yang tak lepas dari yang namanya makanan dan dengan mudah bahkan sampai sehari pun tak lepas dari yang namanya makanan. Untuk Jurusan Tata Boga bisa berkunjung ke : Resto, Tempat Makan, Dapur Hotel, Dapur Resto, Perajin Cemilan Khas Daerah dsb

  • Teknik kelistrikan
Teknik kelistrikan atau sejenisnya bisa berkunjung ke : PT PLN Persero Tbk, BPPT Puspiptek Serpong, dsb.

  • Teknik Arsitektur
Untuk jurusan Arsitektur dan sejenisnya bisa berkunjung ke : Proyek-proyek atau Perusahaan pembangunan seperti PT Jasamarga, PT. Adhi Karya, Waskita Karya, Jaya Mix, Pabrik Semen, Pabrik Batu Bata serta perusahaan yang menangani tentang pembangunan.

Wadah atau sarana tempat kondusif dan Interaktif serta realistis sangat penting bagi pelajar dan pengajar agar tercipta suasana belajar dan mengajar yang Aktif dan Kreatif.
Semoga rekomendasi diatas bermanfaat bagi sekolah maupun lembaga pendidikan.

Share Jika Artikel ini bermanfaat
Salam Social Tapak Jurnal

Intan hijab

Website Instan
×
Berita & Artikel Perbarui
               
         
close